Senin, 20 Juni 2011

Photoshop Mudah Mengolah Fhoto

Sering kali kita melihat efek-efek gambar yang bagus-bagus. Entah itu website sampai poster-poster yang menempel di dinding di pinggir jalan. Percaya nggak, kalau Photoshop yang biasa kita gunakan, entah itu versi 4 atau 5 sampai yang terbaru, juga bisa membuat efek-efek yang membuat gambar-gambar yang kita punyai, menjadi gambar yang lebih bagus lagi?
Di trik ini akan diberikan 3 contoh efek yang bisa dibuat.


1. Teknik Hujan
a. Bukalah sebuah gambar yang kamu punyai.
b. Buatlah sebuah layer yang baru di atas layer background.
c. Lalu fill dengan warna hitam. Klik "Filter > Noise > Add Noise ". Pilih "Gaussian". "Monochrome", sekitar 65, tergantung dari besar ukuran gambar yang kamu buka, dan seberapa besar hujan yang kamu inginkan.
d. Sekarang, klik "Filter > Blur > Motion Blur"
e. Kalau sudah, akan terlihat bagus kan? Dan untuk membuat hujannya terlihat nyata, pilih "Image > Adjust > Levels". Geserlah tanda segitiga yang ada pada slider pertama yang ada di tengah untuk membuat hujannya tampak nyata.
f. Biar lebih nyata lagi, buatlah "v" kecil pada bagian bawah alias tanah.

2. Teknik "Neon"
Teknik ini sangat mudah dibandingkan dengan teknik sebelumnya :
a. Pertama-tama buatlah sebuah layer dengan warna dasar hitam, atau warna yang menunjukkan warna gelap, bisa dengan menggunakan 2 warna, misal warna biru dan warna hitam, yang digabungkan menggunakan Gradient tool.
b. Buatlah tulisan yang kamu inginkan dengan menggunakan Type tools. Karena lampu neon biasanya tidak mempunyai sudut, maka pilihlah font Comics Sans MS yang di-bold/ditebalkan, sehingga mirip neon pada waktu malam hari.
c. Klik "Layer > Layer Style > Inner Glow". Setelah melakukan ini, lakukan juga untuk Outer Glow. Pastikan kamu menggunakan warna yang sama untuk keduanya, baik inner glow, maupun outer glow.
d. Setelah selesai, gunakan drop shadow melalui "Layer > Layer Style > Drop Shadow". Geserlah Spread dan Size untuk mengubah menjadi jelas tidaknya bayang yang ada di belakang layar, dan angle untuk mengubah posisi bayangan.


3. Teknik Bola Plasma
Teknik bola plasma ini sangat simpel, menarik, dan juga tidak memakan waktu yang lama, karena teknik ini tidak sulit.
a. Pertama, kita mem- "fill" layer background dengan warna hitam. Setelah itu, buat layer baru dan lingkaran berwarna putih di layer beru tersebut.
b. Setelah membuat lingkaran di layer beru tersebut, kita akan meng-copy atau menduplikat layer tersebut, dengan cara mengklik kanan bagian layer yang baru tersebut. Setelah keluar sebuah kotak/window kecil baru, klik "OK" untuk lanjut ke langkah berikutnya.
c. Setelah kita mempunyai layer yang baru tersebut, kita akan membuatnya menjadi lebih besar dari layer pertama. Kliklah Magic wand tools dan tekan Ctrl + T untuk mentransformnya. Untuk membuatnya lebih besar, tariklah bagian ujungnya. Untuk membuat gambar tersebut tetap berada pada ukuran yang pas, bersamaan dengan kamu menarik pojok dari gambar tersebut, tekan "Shift + Alt". Lalu isi dengan menyala.
d. Setelah itu pindahkan layer yang berwarna orange tadi ke bawah bagian layer 1, atau berada di bagian antara layer background dengan layer 1. Pindahkan dengan cara mendrag dan drop layer orage tadi.
e. Setelah jadi seperti demikian, klik layer paling atas atau layer 1, dan tekan Ctrl+E atau secara manual melalui "Layer > Merge Down". Setelah jadi, maka kedua layer tersebut akan menjadi satu bagian. Jangan bingung untuk mencari salah satu bagian yang hilang tersebut. Dan kita siap untuk mulai "membakarnya"
f. Untuk "membakarnya", kita membutuhkan Smudge tools untuk membuat api yang sedang membakar bola tersebut. Tool ini bisa kamu dapatkan di blur tool dengan mengklik kanan ikon blur tool tersebut, dan pilihlah ikon yang bergambar tangan menunjuk ke bawah, atau nama keren-nya smudge tools.
g. Nah, kita sudah siap membakarnya. Buatlah api dengan smudge tools tersebut dengan menarik dari dalam ke luar dan untuk pertamanya kita akan memakai brush yang besar, dan nanti yang terakhir, kita akan memakai yang kecil sebagai "accecories" -nya.
h. Oke, kita sudah selesai. Kita juga bisa membuat kreasi dari foto agar terlihat seperti terbakar, dan caranya sama juga seperti di atas, tetapi rubahlah layer berwarna putih tadi menjadi foto yang kamu ingin buat menjadi terbakar.


Sumber : Regina Ida
PCplus edisi 363 IX 06-19 Juli 2010--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar