Senin, 20 Juni 2011

Memproteksi Fhoto Digital

Picasa, perangkat lunak viewer gratis dari Google cukup populer di kalangan pengguna PC yang sering mengolah foto dari kamera digital atau ponsel. Seorang desainer grafis amatir pun dapat dengan mudah memberikan efek yang menarik dan keren. Tinggal klik sana-sini, beri efek, dan foto langsung siap dicetak di printer.

Pemakaian yang begitu mudah, cepat, dan simple justru bisa menjadi bumerang ketika ada orang iseng yang dengan sengaja memberikan efek yang kurang begus, aneh, dan norak pada foto digital milik kita. Bagaimana solusinya? Picasa menyediakan fasilitas untuk menyembunyikan dan menanyakan password ketika folder tempat koleksi foto kita akan dibuka.

Caranya sangat singkat. Lakukan langkah berikut :
1. Klik kanan nama folder yang ditampilkan pada panel "Folder on Disk".

2. Sebuah kotak dialog akan muncul untuk menanyakan password. Isi password sebanyak dua kali pada kotak yang disediakan.

Cara untuk melihat kembali isi folder yang telah disembunyikan adalah dengan mengklik panel "Hidden Folders". Kotak baru yang menanyakan kata sandi sebanyak dua kali pada kolom yang disediakan.

Perlu diketahui, proteksi yang diberikan Picasa tidak berlaku untuk Windows dan aplikasi pengolah gambar lainnya. Jadi tetap gunakan 'cara spesial' kamu untuk melindungi data dari tangan usil


Sumber : Regina Ida
PCPlus 363 IX 06 - 09 Juli 2010--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar